Cari Tahu Rahasia Anti-aging alami bersama dr. Haekal Anshari!

Ikuti dan dapatkan 1 Paket Cold Pressed Juice GRATIS dari IT's Buah untuk pertanyaan terbaik yang terpilih oleh nara sumber.

Loading...
Apa itu anti-aging?

"Anti-Aging merupakan salah satu cabang dari ilmu kedokteran yang memperlakukan proses penuaan seperti sebuah penyakit." Ujar dr. Haekal Anshari, Health Speaker Anti-aging & Sexologist.
"Bila bicara tentang antiaging, maka yang mengalami proses penuaan tidak hanya kulit, tetapi tubuh secara keseluruhan. Mulai dari otak, jantung, ginjal, hati dan sebagainya. Jadi bukan hanya memperlambat penuaan kulit. Yang dilakukan antiaging adalah menghambat atau mengobati proses penuaan, mulai dari bagaimana mengatur nutrisi, memproduksi hormon yang mulai menurun sampai pada bagaimana melakukan olahraga yang baik. Kulit sendiri merupakan cerminan dari kesehatan tubuh, bila tubuh sehat maka akan terlihat dari kulit. Karena itu, perawatan kulit merupakan bagian dari antiaging."

Proses penuaan pada kulit wajah merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap orang Sahabat Sehat, namun bukan berarti hal ini tidak dapat dicegah atau diminimalisir.

Banyak faktor yang berperan dalam mendorong proses penuaan ini. Seperti lingkungan yang kurang sehat, kondisi tubuh, gaya hidup, hingga pola makan. Oleh karena itu, sebelum terjadinya penuaan pada kulit wajah, sebaiknya kita harus rajin-rajin merawatnya.

Dalam beberapa kesempatan dr. Haekal Anshari, M menjelaskan beberapa hal yang mempercepat proses penuaan dini.

1. Pola makan yang tinggi gula dan kalori

"Konsumsi gula dalam jumlah banyak dapat membuat kulit menjadi lebih mudah keriput." imbuh dr. Haekal Anshari 
Salah satu penyebab terjadinya penuaan dini adalah adanya penurunan tingkat kolagen pada kulit yang terjadi akibat konsumsi kadar gula yang tinggi dalam tubuh. Munculnya kerutan, garis halus, dan kulit yang mengendur merupakan dampak dari proses gula berlebih yang merekat pada serat kolagen.Sehingga membuatnya kehilangan kekuatan dan fleksibilitasnya.

2. Minimnya tingkat air dalam tubuh

Ketika usia bertambah, kulit akan menjadi lebih kering. Untuk itu, konsumsi air putih yang cukup akan bantu kulit untuk terhidrasi dengan baik.

Konsumsi air putih yang dianjurkan adalah 8 gelas atau setara dengan 2 liter sehari, hal ini juga bisa membantu membuang racun yang ada pada tubuh.

3. Kurang Olahraga

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa olahraga merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan kencang. Hal ini dikarenakan ketika berolahraga detak jantung akan meningkat dan sirkulasi darah cenderung lebih lancar. Sirkulasi darah yang lancar akan membantu produksi dan distribusi oksigen serta nutrisi yang cukup bagi kesehatan kulit.

4. Kurang Tidur

Hal penting lainnya yang tidak dapat dilupakan untuk menjaga agar tubuh dan pikiran tetap sehat dan berada dalam kondisi baik adalah tidur yang cukup.Faktanya, tidur dengan durasi kurang dari 8-9 jam sehari dapat meningkatkan kemungkinan untuk terlihat lebih tua.

5. Konsumsi buah sayur yang rendah

Menjaga pola makan sehat dengan mengonsumsi buah dan sayuran juga merupakan salah satu kunci untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini.
Hal ini dikarenakan oleh nutrisi dan vitamin yang berlimpah pada buah dan sayur. Buah atau sayur yang kaya antioksidan merupakan pilihan yang baik karena dapat mencegah dan mengatasi penuaan dini.


Nah, itu beberapa hal yang menjadi pemicu terjadinya proses penuaan pada tubuh. Sahabat Sehat masih memiliki pertanyaan? Nantikan IG Live Sessions minggu ini, Kamis, 1 Oktober 2020 di @sehatbarengitsbuah bersama dengan dr. Haekal Anshari, M. Pertanyaan lain yang kamu miliki bisa kamu tanyakan langsung saat live ig berlangsung. Daftar Live Ig dengan klik banner dibawah ini dan isi data diri kamu agar mendapatkan reminder dan tidak ketinggalan info lainnya.